Halaman

Sabtu, 21 Juli 2018

PEDEKATEIN MATEMATIKA BARENG ZENIUS

Heyhooo! kali ini aku mau bahas pengalaman 'belajar berkelanjutan' nih bareng partner tercinta, Zenius! Eh tapi yang perlu kalian semua tau ni ya, aku nih user newbie alias baru make si-Zen kira-kira sebulan yang lalu.

LOH? EMANG SEBULAN UDAH ADA HASILNYA?

pict source : tenor.com

Yak. Justru itu yang mau aku tunjukin. SERIUS DEH GAES. Ini nih transformasi paling singkat yang terjadi dalam hidupku/tsaah, iya bener, cuma dalam kurun waktu sebulanan aja make Zenius ini bener-bener ngerubah pandanganku soal belajar plus merombak habis-habisan kebiasaan buruk yang pernah aku lakuin selama ini.

Oke langsung aja ya. Kenapa sih aku pasang judul kapslok "PEDEKATEIN MATEMATIKA BARENG ZENIUS"?
Ya, karena si matematika inilah yang jadi awal mula perjalananku sampe akhirnya menemukan si Zen. Nah, dalam ceritaku kali ini, matematika juga jadi misi utama yang akhirnya aku temuin cara penyelesaiannya bareng Zenius. Duh, romantis banget kan yak?

Sejujurnya, aku bukan tipe anak yang males belajar. Karena aku anak IPS, sebut aja mapel kaya Sosiologi dan Geografi, sama pelajaran bahasa itu sabeb lah kuladenin. Dan belajar mapel-mapel itu tuh emang karena aku suka, bukan karena cuma pengen nilai bagus. Nah, satu-satunya masalahku dalam pelajaran adalah : MATEMATIKA!

Nggak tau ya, sejak masuk SMA tuh, aku merasa benci banget sama matematika. Diterangin guru ga pernah mudeng. Ngerjain soal? Boro-boro ngerjain, ngelirik aja ogah. Kelas 10, aku dengan idealisnya berprinsip :

"Aku bukannya males ngerjain matematika. Tapi emang matematika itu bukan passionku. Aku cuma mau belajar apa yang aku minati, dan aku sama sekali engga minat sama matematika."
pict source : boldomatic.com

Oke. Coba kalian bayangin aja, aku selama enam bulan pertama sekolah di SMA bawa prinsip itu dengan teguh. Hasilnya? Ya jadi beneran dodol. Remedi itu ga keitung gaes, ada kali ya ngulang UH tuh sampe empat kali. UTS UAS? Jangan ditanya. TETEUP REMEDI JUGA. Sampe di akhir kelas 10 gue baru sadar kalo apa yang  kulakuin bener-bener salah karena...

...akhirnya aku dikasih surat peringatan sama guru matematika, kalo nilai di kelas 11 tetep kaya gini, ga bakal dinaikin ke kelas 12.

BAM! Seketika itu aku baru sadar, kalo mau ga mau, suka ga suka, passion ato bukan, tetep harus pelajarin tuh yang namanya matematika. Akhirnya aku ikut deh les buat matematika di kelas 11. Dan ya, emang bener nilaiku agak naik dan ga terlalu sering remedi, tapi semakin kesini aku semakin merasa ketinggalan jauh sama temen-temen dan ngerasa dodol banget-nget-nget.

Sebuah pertanyaan muncul dari dalam diriku:

Kenapa sih aku ga suka matematika?
Kenapa sih ga teliti banget kalo itung-itungan?
Gimana nasib UN dan SBMPTN kalo gini caranya?

Alesan terakhir itu bikin aku semakin galau dan dimulailah perjalananku berselancar di internet. Dan di tengah-tengah kegalauan itu aku mendapatkan pencerahan dengan nyantol di salah satu artikel Zenius yang jabarin tentang Deliberate Practice.

Oke, aku tau ini bisa dibilang artikel legend dan mainstream bagi anak-anak Zenius, tapi disini aku menemukan solusi tersendiri bagi permasalahanku. Disitu dijelasin bahwa belajar efektif tuh harus belajar step-by-step, dari basic-basic dasar yang perlu dilatih. Contohnya kalo pesepak bola harus belajar teknik dasar kaya juggling, diving, gitu-gitu.



pict source : PlusPlus Ideas


Ternyataaaaaa penyebab aku dodol matematika adalah karena ya emang dari awal ga nguasain konsep-konsep dasarnya. Pelajaran SMP kaya ngefaktorin, perpangkatan gitu-gitu aku masih ga ngeh banget dan harusnya aku latih kemampuan dasar itu biar kedepannya bisa bermatematika dengan lancar. Sumpah deh berasa jadi murid Konfusius yang lagi dikasih pencerahan gitu, hahaha!

Nah dari satu artikel itu aku bacain artikel lainnya di blog Zenius dan aku nemuin banyak tulisan yang semakin mencerahkan pikiran. Trus aku stalking-stalking gitu deh tentang si Zen ini sampe akhirnya memutuskan buat fix beli Xpedia buat nemenin masa-masa kelas 12. Singkat cerita setelah nego yang panjang sama ortu, akhirnya berhasil beli dan, dimulailah perjalananku bersama Zenius pada masa-masa liburan akhir kelas 11 lalu.

Sesuai review yang udah aku baca, saat pertama kali belajar pake Zenius, kebanyakan menyarankan buat namatin dulu bagian Zenius Learning Guide & TPA. Jadinya kutargetin selama liburan ini harus namatin bagian itu. What i get from there is once again, PENCERAHAN.

Oke aku semakin paham kalo selama ini ada yang salah dari aku sehingga dodol matematika. Bukannya mau ngumbar aib tapi ini nih gaes, kesalahan-kesalahanku selama ini :

- Belajar tanpa kontinuitas. Yap, cuma belajar buat nyiapin ulangan aja dan ga bener-bener terjadwal.
- Tujuan dan motivasi ga jelas
- Konsep diri yang salah.

Ini yang menarik. Gini, aku tuh baru sadar kalo selama ini secara ga langsung udah mendoktrin diri sendiri buat ngejauh dari matematika. Aku nganggep diriku dodol dari awal tanpa mau nyoba belajar. Aku anggep matematika adalah momok yang harus dihindari. Ditambah lagi, aku semakin 'didukung' buat mendodolkan diri gue sendiri di lingkungan pertemanan aku yang (parahnya) diisi oleh orang-orang yang dodol dalam bermatematika. (semacam squad remedi matematika gitu HAHAHA)

Jadilah, aku yang sekarang. Dari situ aku udah bener-bener bertekad buat mulai ubah diri, ubah mindset, kalo matematika itu bukan hal yang harus dijadikan beban karena ternyata ada lho cara seru buat mempelajarinya. Bahwa matematika itu juga ilmu yang penting dipelajari di dunia ini dan aku, harus berusaha suka sama matematika.

Telat? Iya, emang. Makanya kalian gaboleh niru, baru sadar pas awal kelas 12. Tapi aku percaya kok, gaada kata terlambat untuk memulai hal baik, hehehe.

Nah mulai nih eksekusi belajarnya. Target utamaku sebelum mulai nyicil materi SBMPTN adalah berusaha buat akrab dan bisa nguasain dasar-dasar matematika. Makanya aku sebut target belajar ini dengan istilah "PDKT". Kaya pedekate sama doi gitu, bedanya kalo sama doi udah suka, tapi kalo ini pedekate justru biar jadi suka. Skip.

Di Zenius, kebetulan banget di bagian TPA ada yang namanya basic math skill. Sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Lumayan kan, sekalian buat bahan belajar SBMPTN. Nah, setelah namatin Zenius Learning, aku pasang tuh target buat namatin dan nguasain materi-materi di basic math skill. Hal pertama yang aku lakuin adalah bikin target bulanan. Setelah itu, kupecah jadi to-do-list mingguan.

Di pengantar basic math skill ada satu pernyataan Bang Sabda (tutor matematika) yang bikin penasaran abis. Kurang lebih gini nih :

"Matematika itu ilmu berupa abstraksi yang udah dijamin kebenarannya. Bahkan sekalipun ada alien, matematika yang diajarin di dunia alien akan sama persis sama yang kita pelajari, meski dengan simbol yang berbeda"

MINDBLOWN!

pict source : tumblr

Entah kenapa pernyataan itu memicu pikiranku buat berimajinasi dan berkelana jauh gitu. Wah iya juga, kalo Biologi yang dipelajarin alien mungkin beda soalnya struktur tubuh alien kan jelas beda sama manusia. Seandainya ada pelajaran Sosiologi pun pasti juga beda karena susunan masyarakat mereka juga beda. Nah kalo matematika? Kalo gitu matematika bisa dong dijadiin semacam 'bahasa' yang menjembatani persamaan manusia dan alien?

Oke stop ngelanturnya. Intinya, selama nontonin pengantar yang jelasin tentang definisi matematika dan matematika di kehidupan, apa yang terlontar di mulutku adalah kalimat semacam

EH KOK BISA GITU? Wah iya juga ya! Oh gitu toh...

Dan, aku pun sadar. Sejak saat itu, muncullah ketertarikanku sama matematika dan perlahan-lahan pikiran bawah sadar yang melabeli diri sendiri sebagai 'SI DODOL MATEMATIKA SELAMANYA' mulai bisa diruntuhkan! Seriusan nih perubahan terdrastis yang pernah kualamin. Yang tadinya alergi hanya dengan ngelirik buku matematika, sekarang malah keasyikan ngulik dan bahkan bikin rangkuman setelah nontonin si-Zen.

Dan hari-hari selanjutnya pun aku masih terus dibuat penasaran dan penasaran. Sampe suatu hari aku nemu pembahasan yang canggih banget, part akhir Basic Skill Math - Algebra and Aritmatic. 

Disitu dijelasin bagaimana cara membuktikan 0,11111 ... sebagai bilangan rasional. Singkatnya tuh gimana sih cara nyari bentuk pecahannya. Sesederhana itu tapi sumpah deh bikin takjub sama cara menjabarannya dan akhirnya aku nyobain nyari bilangan lain kaya 0,144144144 ... dan 0,96969696 daaan it's work guys. HAHAHA RASANYA PUAS BANGET GITU PAS NGECEK KALKULATOR.

Oya di bagian aritmatika Zenius juga ngerubah cara berhitung jadi makin kreatif. Hitung-hitungan ga pake susun susun lagi langsung dibayangin di luar kepala! Dan ini langsung kucobain pas hari pertama masuk sekolah buat tes psikotes yang bagian TPA itung-itungan. Dan kebukti ini ngebantu banget buat ngehemat waktu!

To sum up, aku mau ngasih tips nih buat kalian biar bisa belajar berkelanjutan TERUTAMA di bidang/mapel yang kalian engga sukai

1. Temukan motivasi

Hal pertama yang perlu kamu kamu lakukan adalah nyari motivasi. Motivasi bisa berasal dari luar, misalnya kamu jadi termotivasi setelah dengerin ceramah orang atau nasehat ortu, atau bisa juga karena terinspirasi sama keberhasilan orang lain kayak, "wah, dia aja mampu belajar Fisika. Masa aku ga bisa?"

Selain itu di Zenius, kita bakal diajarin buat jadi PROAKTIF, yaitu aktif membentuk diri kita sendiri, termasuk aktif mencari motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri dan engga bisa dipengaruhin lagi sama orang lain. Nah motivasi yang kaya gini nih biasanya lebih awet daripada motivasi karena faktor luar. Gimana nih caranya nyari motivasi kaya gini? Yaitu dengan tanamkan kesadaran diri yang kuat, ngehilangin konsep-konsep diri kamu yang negatif dari awal. Contohnya ya kaya aku tadi, yang awalnya mikir kalo aku tuh alergi matematika dan dodol kalo itung-itungan, mulai mencoba buat berpikir kalo sebenernya aku bisa dan semuanya cuma tentang belajar, belajar, dan latihan! Tulis di mana-mana : di cermin, di buku catetan, di lemari, "AKU PINTER MATEMATIKA" "AKU CERDAS!" "AYO JANGAN REMEDI LAGI" terserah deh yang penting bisa ngebangun konsep diri baru kamu yang positif!

2. Tentukan tujuan dan target pencapaian yang jelas. 

Setelah nemuin motivasi, hal yang penting adalah nentuin tujuan. Nah, tujuan ini ngga boleh sekedar kayak "LOLOS SBMPTN" atau bahkan "JADI ORANG SUKSES", kenapa? Karena kalian harus bikin yang lebih spesifik! Tujuanmu tembus SBMPTN? Jurusan apa? Fakultas apa? Alasannya apa? Tujuanmu jadi orang sukses? Lewat jalur apa? Bidangnya apa? Ngelakuin apa aja? Karena dengan tujuan dan target yang jelas, kita juga akan semakin gampang menemukan jalan buat mencapai tujuan itu. 

3. MULAI. DARI. SEKARANG!

Tujuan udah di depan mata. Saatnya mulai dari sekarang gaes! Satu hal menarik lagi nih yang kupelajarin di Zenius : 

Biasanya nih ya, kita cenderung mengakhirkan mapel yang kita ga sukai di bagian akhir karena rasanya berat, kan? SALAH BESAR. Hal yang menurut kalian paling berat, paling susah, justru pelajarin sejak awal. Permulaan itu hal yang penting, jadi kalian GA BOLEH menunda-nunda mau mulai kapan. LAKUKAN SEKARANG, BUKAN NANTI! Karena semakin kamu menunda-nunda, bakal semakin males.

3. Hilangkan distraksi

Sekarang waktunya buat kamu buang semua hal-hal yang ga berguna dari tujuan kamu. Contoh basic-nya aja lah ya, kaya hape. Itu tuh worst distraction banget lah bagi anak seumuran kita. Coba hapus dulu deh aplikasi-aplikasi yang sering bikin kamu kecanduan dan males belajar kaya sosmed, game dan sejenisnya. 

4. Cari tau cara buat menemukan sisi 'menyenangkan' dari belajar

Ini nih yang seru. Cara biar terus semangat belajar mapel yang awalnya ga kamu suka adalah dengan nyoba cari gimana sih, biar pas belajarnya itu fun dan menarik? Di Zenius, aku bisa dapetin hal itu dengan penjabaran tutor yang ngejelasin bener-bener dari akar konsep gimana rumusnya bisa ketemu. Sumpah deh ya itu tuh seruuuu banget jadinya! Setelah bener-bener ngerti, kita jadi ada kepuasan tersendiri dan akhirnya pengen belajar lagi, lagi, dan lagi! 

5. Konsisten

Terakhir. Kamu harus punya komitmen dalam ngelaksanain semua prosesnya. Pasti ada kok saat-saat dimana kita bener-bener jenuh atau materinya ga bisa masuk sama sekali. Saat itu terjadi, istirahat sebentar. Inget-inget lagi tujuan kamu dan kumpulin semangat kamu. Setelah itu, inget lagi kalau kamu pasti bisa. Ulang lagi materinya pelan-pelan. Latihan, ulang, latihan, ulang. Konsisten!

Nah segitu dulu deh pengalaman plus tips versi aku. Hal yang mau aku sampein sekali lagi adalah, engga peduli seberapa besar ketidaksukaanmu pada mapel tertentu, ingat-ingat aja kalau sebenernya semua ilmu itu berguna di dunia ini, dan pasti ada cara yang bisa kamu lakuin buat mempelajari ilmu itu sesusah apapun. Jadi, ayo rubah mindset dan mulai #BelajarBerkelanjutan! See you!


1 komentar:

  1. TERIMAKASIHHH, ARTIKEL INI SUNGGUH MENGGUGAH SEMANGAT SAYAA!! mulai sekarang, saya akan coba menghapus mindset
    "dodol matematika selamanya"

    BalasHapus